Tips Blogging Untuk Newbie

Saya mendapatkan ide untuk menulis posting ini dari e-booknya JohnChow yang saya baca beberapa waktu yang lalu. Jika anda memang berniat untuk menghasilkan uang dari blog, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mulai membuat sebuah blog.Tulis tentang hal-hal yang diminati atau dikuasai

Jangan memaksakan diri untuk menulis hal-hal yang asing bagi anda, karena nanti anda akan mengalami kesulitan untuk menuliskan ide-ide posting. Jika bidang yang dikuasai adalah masalah computer, tulislah blog yang ada hubungannya dengan dunia computer jangan menulis tentang politik.Buat blog dengan nama domain sendiri

Walaupun saya sendiri masih menggunakan blog dengan layanan gratis di blogger ( maklum belum ada dana lebih), tapi sangat disarankan untuk membuat blog dengan nama domain sendiri. Sebenarnya dengan nama domain sendiripun masih bisa kita hosting blog di blogger. Jika mau menggunakan blog dengan nama sendiri sebenarnya banyak servis domain dengan harga yang relative murah. Salah satunya di Idebagus, ada paket hosting dan domain Rp. 100ribu per tahun.

Update Blog dengan rutin

Blog harus diupdate dengan rutin, tidak diharuskan untuk update setiap hari, yang penting dengan jadwal yang rutin, bila punya kesibukan lain. Memang kalo bisa tiap hari akan lebih bagus. Bila tidak bisa tiap hari bisa juga seminggu 3 kali atau 1kali yang penting teratur. Akan lebih baik buat posting pendek dengan teratur dari pada posting panjang tapi tidak teratur.
Kenali Pembaca Blog Anda

Blogging adalah komunikasi dua arah. Ada pembuat blog dan ada pembaca. Blog tidak akan jadi besar tanpa ada pembacanya. Bila blog tidak menarik untuk dibaca tentu tidak akan ada pembacanya. Anda harus selalu berkomunikasi dengan pembaca blog, bila ada komentar atau saran segera dijawab. Harus ada hubungan antara Anda, pembaca blog dan blog lain dengan niche yang sama.

Selamat Mencoba, sukses selalu...
Posted on 09.17 by Joni Fitri and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar